Kami ucapkan... Jazaakumullohu khoiron wa baarokallohu fii ahlikum wa maalikum kepada seluruh muhsinin / donatur yang telah ikut berpartisipasi dalam program wakaf pembebasan tanah (sebelah timur) Ponpes Al Ukhuwah Putri I Sukoharjo. Alhamdulillah, sampai saat ini donasi terkumpul Rp 951.759.167,- dari Rp 950.000.000,-(dana yang dibutuhkan). Dan dengan ini program wakaf pembebasan tanah Ponpes Al Ukhuwah Putri I Sukoharjo "DITUTUP". Kelebihan donasi akan kami gunakan untuk maslahat tanah tersebut seperti persiapan buat talud, jembatan dan pengurugan. Semoga menjadi amal jariyyah yang diterima di sisi Alloh dan semoga mendapatkan ganti yang lebih baik di dunia dan di akhirat. Aamiin.

PROFIL MARHALAH TAKHOSUS BAHASA ARAB AL-UKHUWAH

 MUQODIMAH

Segala puji bagi Alloh Subhanahu wa taala yang telah memuliakan manusia dengan NikmatNya dan dengan nikmatNya kita bisa mempelajari  Al qur’an yang diturunkan dengan Bahasa Arab yang merupakan sebaik – baik Bahasa  . Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam yang telah menyampaikan Syari’ah  Islamiyah  sehingga nampaklah cahaya yang terang benderang dibalik kegelapan kebatilan tak lupa pula Sholawat dan salam kita haturkan  kepada keluarganya, para sahabatnya serta pengikut mereka hingga hari qiyamah.

Dalam rangka mencetak generasi muslim yang cakap berbahasa arab guna untuk  memahami ilmu Syar’i ,  Berakhlak mulia , dan memiliki Aqidah yang Lurus yang berpemahaman Salafusholeh , maka Yayasan Pendidikan Al Ukhuwah Sukoharjo turut aktif  berpartisipasi untuk mewujudkan cita-cita tersebut melalui program Takhasus Bahasa Arab .

Pondok Pesantren Al Ukhuwah di bawah Yayasan Pendidikan Al Ukhuwah Sukoharjo sejak Tahun 2008 telah mendirikan satu jenjang pendidikan non formal yang disebut Takhasus Bahasa Arab sebagai  bentuk komitmen  untuk memudahkan umat muslimin yang memiliki keinginan melanjutkan pendidikan  putra – putrinya ke jenjang yang lebih tinggi setingkat  Aliyah di pesantren namun belum memiliki kemampuan berbahasa arab baik aktif maupun pasif .

Dalam kegiatannya jenjang Takhasus bahasa arab ditempuh dengan masa studi 2 semester (1 tahun ) dengan target setelah lulus dari jenjang takhasus bahasa arab santri memiliki kemampuan berbahasa arab baik tulis maupun lisan sebagai syarat untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi (MA) di pesantren , berakhlak mulia dan  beraqidah yang lurus

VISI

  • Terwujudnya generasi muslim yang mampu berbahasa arab baik secara aktif maupun pasif dalam rangka memahami ilmu syar’i .

MISI

  • Mendidik generasi muslim  yang cakap berbahasa arab , beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia dan menjunjung tinggi nilai ukhuwah islamiyah
  • Mendidik santri untuk memiliki kecakapan berbahasa arab dalam rangka menyiapkan  pendidikan jenjang  madrasah aliyah di pesantren

Sejarah Berdirinya Marhalah Takhassus Bahasa Arab

Menanggapi aspirasi dan kepercayaan masyarakat yang begitu tinggi  khususnya wali siswa yang putra putrinya berasal dari jenjang SMP/MTs  dan  antusias untuk melanjutkan pendidikan putra-putrinya pada jenjang yang lebih tinggi pada Madrasah Aliyah di pesantren , akan tetapi belum memiliki kemampuan berbahasa arab yang  baik secara aktif maupun pasif  maka pada tahun 2008 Yayasan Pendidikan Al ukhuwah mendirikan satuan pendidikan non formal yang diberi nama Marhalah Takhasus bahasa arab atau disingkat dengan istilah TBA .

Marhalah TBA merupakan satu jenjang pendidikan untuk mematangkan ilmu alat yang meliputi bahasa arab baik bahasa Arab aktif maupun pasif, ilmu Nahwu-Shorof dan juga ilmu – ilmu Syari’ah lainnya yang meliputi : Fiqih , Hadist , akhlaq ,  tafsir  dan ilmu – ilmu syari’ah lainnya .

Jenjang TBA ini diperuntukkan bagi calon siswa  yang berlatar belakang  Pendidikan  umum, setingkat SMP atau MTs yang belum memiliki kemampuan berbahasa arab yang baik sebagai persiapan untuk melanjutkan jenjang pendidikan pada  madrasah Aliyah (MA) di pesantren,  yang mana sebagian besar pembelajaran di madrasah Aliyah di pesantren Ukhuwah menggunakan pengantar bahasa arab .

Pada awal pendirian marhalah tba yaitu sejak tahun 2008 sampai pada tahun 2013 jenjang TBA bertempat  di pondok pesantren UKHUWAh 1,  akan tetapi dengan meningkatnya  animo masyarakat terhadap pendidikan berbasis pesantren yang secara tidak langsung mempengaruhi peningkatan  jumlah santri di pondok pesantren Ukhuwah secara keseluruhan maka sejak tahun 2014 Ponpes ukhuwah membuka ponpes Ukhuwah 2 yang berlokasi di Sugihan Bendosari Sukoharjo untuk pengembangan program Takhasus bahasa arab dan program baru I’dad Muhafidzin untuk putra

03-profil-tba-th-2016-2017

03-profil-tba-th-2016-20171slide9slide10slide11slide12slide13slide14slide15

INFORMASI LEBIH LANJUT  PONDOK PESANTREN AL UKHUWAH SUKOHARJO

Mranggen RT.03 RW.03 Joho Kec./Kab. Sukoharjo Jawa Tengah 57513

Contact Person Marhalah TBA

  1. Ust. Abdul Adzim ( Kepala Sekolah Marhalah TBA ) : 0852  2933  8047
  2. Ust. Suharno (Kesantrian Putra) : 0853  2691  6405
  3. Ust. Heru Abu Zur’ah (Kesantrian Putri)  : 0857  2829  6111
  4. Telp.Kantor 0271-590448

Email : info@alukhuwah.com

Atau bisa kirim pesan email secara langsung di bawah ini. Semoga Allah selalu memberkahi setiap langkah kita sekalian.

[contact-form-7 id=”628″ title=”Contact form 1″]

You May Also Like